ANGGARAN PEMASARAN DAN ADMINISTRASI
Penulisan ini di dasar kan pada kegiatan saya di kampus IAITF Dumai yang mana saya memiliki sebuah tugas yang sudah dipersentasi kan yang berjudul anggaran pemasaran dan administrasi semoga tulisan yang telah saya buat di blogger ini bermanfaat bagi saya dan juga para pembaca,mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau pun penyampaian.
Peramalan Anggaran Biaya Pemasaran Dan Biaya Administrasi
Penyusunan anggaran merupakan suatu kegiataan yang penting dalam perusahaan. Anggaran dapat di jadikan pedoman untuk melakukan aktifitas perusahaan guna mencapaitujuan perusahaan. Anggaran merupakan alat yang efektif bagi perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengendaliaan aktivitas perusahaan. Sebuah perusahaan didirikan tidak hanya untuk mendapatkan laba saja tetapi untuk berkembanag lebih besar lagi, minimal untuk dapat bertahan sehingga mampu melaksanakankegiatan operasi perusahaan. kondisi yang berubah akan membuat sulit pihak manajeman suatu perusahaan karena terdapat bagian macam faktor yang dapat menggangu jalanya perusahaan. Penentuan tujuan merupakaan langkah awal dalam suatu perencanaan yang dilakukan olehmanajeman perusahaan. Dengan perencanaan yang baik, perusahaan dapat megantisipasikemungkinan akan timbulnya masalah yang dapat mengakibatkan pengunaan sumber dayakurang efektif dan efesien yang akhirnya dapat berujunh pada kerugiaan perusahan. Perencanaanmerupakan tindakan yang di buat berdasarkan faktor dan asumsi mengenai gambaran kegiataandi masa datang dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Anggaran merupakan hasil dari suatu proses penyusunan anggaran yang bias disebutdengan penggangaran. Proses penggangaran yang di lakukan oleh manajeman perusahaan dapatmenunjukan posisi perusahaan di pasar, menempatkan sumber-sumber daya yang belum digali,dan memotivasi para karyawan untuk mencapai tingkat produktivitas yang lebih tingggi.Perusahaan menggunakan proses penggangaran untuk mencapai posisi puncak dalam indutriyang digeluti perusahaan tersebut.
Anggaran Biaya Pemasaran Menurut M.Munandar (2007:187) Anggaran Biaya Pemasaran adalah budget yangmerencanakan secara sistematis dan lebih terperinci tentang biaya pemasaran yang ditanggung perusahaan dari waktu ke waktu (bulan ke bulan) selama periode tertentu yang akan datang.Sedangkan Biaya Pemasaran adalah semua biaya yang terdapat serta terjadi di dalam lingkunganBagian Pemasaran. Dalam arti sempit biaya pemasaran seringkali dibatasi artinya sebagai biaya penjualan, yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar (Mulyadi, 2012: 487) Dalam artiluas biaya pemasaran meliputi biaya yang terjadi sejak saat produk selesai diproduksi dandisimpan dalam gudang sampai produk tersebut diubah kembali dalam bentuk tunai (Mulyadi,2012: 487)Dengan demikian, dalam arti luas biaya pemasaran tidak hanya meliputi biaya penjualan sajatetapi termasuk didalamnya biaya advertensi, biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya kredit dan penagihan, dan biaya akuntansi pemasaran (Mulyadi, 2012: 487). Penggolongan Biaya Pemasaran Menurut Mulyadi (2012:458), berdasarkan fungsi pemasaran, biaya pemasaran digolongkansebagai berikut:
1. Fungsi Penjualan Biaya fungsi penjualan terdiri dari gaji karyawan bagian penjualan, biaya depresiasikantor, biaya sewa kantor.
2. Biaya Advertensi Biaya fungsi advertensi terdiri dari gaji karyawan bagian advertensi, biaya iklan, biaya pameran, biaya promosi, biaya contoh (cost of samples).
3. Biaya PergudanganBiaya fungsi pergudangan terdiri dari gaji karyawan bagian gudang, biaya depresiasigudang, dan biaya sewa gudang.
4. Fungsi Pembungkusan dan PengirimanBiaya fungsi pembungkusan dan pengiriman terdiri dari biaya karyawan bagian pembungkusan dan pengiriman, biaya bahan untuk pembungkus, biaya pengiriman, biaya depresiasi kendaraan, biaya operasi kendaraan.
5. Fungsi Kredit dan PenagihanBiaya fungsi kredit dan penagihan terdiri dari gaji karyawan bagian penagihan,kerugian penghapusan piutang, potongan tunai.
6. Fungsi Akuntansi PemasaranBiaya fungsi pemasaran terdiri dari gaji karyawan bagian akuntansi pemasaran dan biaya kantor.
Biaya Administrasi Biaya Istilah biaya yang sering digunakan merupakan terjemahan dari istilah cost dan expensesyang sering dianggap mempunyai arti yang sama. Sebenarnya cost dan expenses mempunyaiarti yang berbeda dan digunakan untuk hal yang berbeda pula. Cost adalah pengorbanansumber daya ekonomis tertentu untuk memperoleh sumber daya ekonomi lainnya. SedangkanExpenses adalah pengorbanan sumber daya ekonomis untuk memperoleh penghasilan(revenue)”.Biaya adalah harga perolehan yang dikorbankan atau digunakan dalam rangkamemperoleh penghasilan (revenue) yang akan dipakai sebagai pengurang penghasilan”
Penggolongan Biaya Penggolongan biaya adalah sebagai berikut:
1. Menurut Objek Pengeluaran.Penggolongan ini merupakan penggolongan yang paling sederhana, yaitu berdasarkan penjelasan singkat mengenai suatu objek pengeluaran.
2. Menurut Fungsi Pokok dalam Perusahaan. Biaya dapat digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu:
a) Biaya Produksi, yaitu semua biaya yang berhubungan dengan fungsi produksi ataukegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk selesai. Biaya produksi dapatdigolongkan ke dalam biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.
b) Biaya Pemasaran, adalah biaya-biaya yang terjadi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk. c)Biaya Administrasi Umum, yaitu biaya-biaya untuk mengkoordinasikan kegiatan- kegiatan produksi dan pemasaran produk.
3.Menurut Hubungan Biaya dengan Sesuatu yang Dibiayai Ada 2 golongan, yaitu:
a) Biaya Langsung (Direct Cost), merupakan biaya yang terjadi dimana penyebab satu-satunya adalah karena ada sesuatu yang harus dibiayai. Dalam kaitannya dengan produk, biaya langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
a) Biaya Tidak Langsung (Indirect Cost), biaya yang terjadi tidak hanya disebabkanoleh sesuatu yang dibiayai, dalam hubungannya dengan produk, biaya tidak langsung dikenal dengan biaya overhead pabrik.
Biaya Administrasi
Biaya administrasi adalah semua biaya yang terjadi dan berhubungan dengan fungsi administrasi. Meliputi biaya dalam rangka penentuan kebijaksanaan, perencanaan, pengarahan dan pengendalian terhadap kegiatan perusahaan secara keseluruhan. Termasuk dalam biaya ini adalah biaya untuk direktur dan staf (pimpinan perusahaan), bagian umumdan personalia, bagian humas dan hukum, bagian keuangan, bagian akuntansi dansebagainya”. Pengertian Anggaran Biaya Administrasi Umum Anggaran biaya administrasi umum adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang biaya-biaya yang akan terjadi serta terdapat didalam lingkungan kantor administrasi umum perusahaan, serta biaya-biaya lain yang bersifat untuk keperluan perusahaan secara keseluruhan, yang didalamnya meliputi rencana tentang jenis biayaadministrasi umum, jumlah dan waktu biaya administrasi umum tersebut terjadi dandibebankan, yang masing-masing dikaitkan dengan departemen dimana biaya administrasiumum tersebut terjadi”.
Anggaran pemasaran
adalah jumlah total uang yang dialokasikan untuk kegiatan pemasaran. Anggaran pemasaran memastikan bahwa perusahaan tidak mengeluarkan uang secara berlebihan atau kekurangan pada fungsi pemasarannya. Beberapa fungsi tersebut antara lainprodukpengembangan, riset pasar, periklanan, gaji, kampanye komunikasi, agensi, dll. Untuk menetapkan anggaran pemasaran, pemasar harus mempertimbangkan:
1. Lingkungan eksternal,
2. Lingkungan yang kompetitif,
3. Lingkungan dan kemampuan internal,
4. kinerja internal,
5. Audit pemasaran.
Anggaran pemasaran akhir tidak ditentukan oleh pemasar, namun oleh direktur dan eksekutif perusahaan. Namun, pemasar bertanggung jawab untuk menghitung biaya promosi dan melaporkan kepada manajer tingkat tinggi untuk mendapatkan persetujuan. Bagian berikut akan fokus secara khusus pada bagaimana pemasar menetapkan anggaran promosi.
Jenis Anggaran Pemasaran
Anggaran perusahaan terbagi dalam dua jenis, yaitu fixed cost dan variable cost. Biaya pemasaran juga terbagi menjadi biaya pemasaran tetap dan biaya pemasaran variabel. Biaya Pemasaran TetapBiaya pemasaran yang nilai dan periodenya tetap. Perusahaan sudah mengalokasikan biaya promosi tersebut di awal periode dengan tujuan yang jelas.Biaya pemasaran tetap meliputi:
● Biaya tenaga pemasaran,
● Biaya iklan rutin,
● Biaya promosi rutin,
● Biaya pendistribusian produk,dll2.
Biaya Pemasaran Variabel Ini adalah biaya pemasaran yang sifatnya berubahubah dan tidak tetap. Biaya pemasarantidak tetap misalnya biaya promosi saat produk dari launching, biaya bonus untuk timmarketing/sales, dan biaya promosi lainnya yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Atau, biaya promosi untuk pos tersebut tidak selalu ada.
Kesimpulan dan saran
Anggaran Biaya Pemasaran ialah budget yang merencanakan secara sistematis dan lebihterperinci tentang biaya pemasaran yang ditanggung perusahaan dari waktu ke waktu (bulan ke bulan) selama periode tertentu yang akan datang.Secara garis besar biaya pemasaran dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu biaya untuk mendapatkan pesanan (order getting costs) dan biaya untuk memenuhi pesanan (order fellingcosts)Anggaran biaya administrasi adalah perencanaan mengenai administasi rinci perusahaanuntuk memudahkan kepentingan operasional dari periode waktu tertentu. Kegunaan utamaanggaran biaya administrasi adalah memperlancara kegiatan operasional perusahaan.
Saran Sebagai mahasiswa penting untuk mengetahui apa itu angagran biaya pemasan
dan administrasidan praktiknya berguna untuk menambah ilmu serta wawasan
untuk menghadapi dunia kerja.
Komentar
Posting Komentar